SEPUTAR KLUB FUTSAL INDONESIA - SUPPORTING MEDIA

Thursday 18 July 2013

Timnas Futsal Diminta Bermain dengan Visi

Salah satu kekurangan yang dimiliki para pemain futsal putra Indonesia di ajang AIMAG 2013 adalah kurangnya visi bermain. 

Pelatih tim nasional Andri Irawan tidak mau hal tersebut terulang ketika tim besutannya turun di Kejuaraan AFF Futsal Championship, Thailand, Oktober mendatang.
 
Karena itu, sepulang dari AIMAG, Andri langsung mencanangkan program latihan yang bertepatan
dengan datangnya Bulan Ramadan. Para pemain berlatih dua kali sehari yakni sore (16.30 WIB-18.00 WIB) sebelum buka puasa dan malam sesudah berbuka puasa (21.00 WIB-23.00 WIB).

“Latihan sore itu untuk membenahi skill sedangkan latihan malam untuk menyamakan visi bermain,” kata Andri saat berbincang dengan DuniaFutsal.com di Lapangan Tifosi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (17/7/2013).

“Soal visi bermain ini sangat penting. Mereka tidak boleh asal bermain, harus gunakan akal. Sehingga mereka tahu kapan harus bermain cepat, kapan bermain dengan tempo lambat, bagaimana bereaksi jika dihadang lawan, bagaimana caranya menempatkan posisi yang tepat agar bisa menerima umpan kawan dengan akurat,” lanjut mantan pemain nasional itu.

Indonesia tergabung bersama Australia, Myanmar, Timor Leste, dan Laos di Grup B. Sedangkan di Grup B sudah menanti Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam. Kejuaraan itu berlangsung 19-27 Oktober mendatang.

Latihan, lanjut Andri, harus berlangsung selama bulan Ramadan karena tidak ada lagi waktu buat Pasukan Merah Putih untuk berkumpul. Betapa tidak? Mulai 18 Agustus nanti, para pemain sudah harus membela klub masing-masing karena Liga Futsal Indonesia (IFL) sudah akan bergulir.

“Waktu kita sangat mepet. Makanya mereka tetap harus berlatih meski sedang memasuki bulan puasa. Setelah ini, para pemain akan kembali dipulangkan ke klub masing-masing karena akan mengikuti IFL,” tegasnya.

Dari 14 pemain alumnus AIMAG, empat orang dipulangkan yakni Ivan Cahyadi (Jaya Kencana), Ali Nasrullah (Makassar Futsal Academy), Usamah Rascal (Brilyan Academy), dan Yudi Fatrah (PON Sumbar). Adapun dua pemain baru yang dipanggil adalah Jaelani Ladjanibi dan Ade Andika (PON Sumbar).
Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...