SEPUTAR KLUB FUTSAL INDONESIA - SUPPORTING MEDIA

Tuesday 11 November 2014

Melatih Reaksi Cepat Penjaga Gawang (Latihan Dasar Kiper)

Latihan Dasar Untuk Kiper
Dalam futsal, seorang kiper dituntut bereaksi lebih cepat untuk menghalau serangan lawan. Sekali saja seorang kiper terlambat beraksi, gawang yang dikawalnya bakal jadi bulan-bulan lawan.

Perputaran pemain futsal sangat cepat, kemungkinan terjadinya duel antara kiper dengan penyerang lawan bisa terjadi dalam hitungan detik. Kiper wajib mengasah kemampuan bereaksinya agar kemungkinan aksi blunder bisa ditekan.


Simak juga: Latihan Melempar Bola (Latihan Dasar Untuk Kiper)
 

Abu Bakar, mantan pelatih timnas yang kini menukangi klub Sriwijaya United, menjelaskan secara detail latihan-latihan ringan mengasah reaksi. Jika ini dilakukan secara continu secara motorik gerakan reaksi penjaga gawang akan meningkat dengan sendirinya.

1. Posisi tubuh menunduk kedua kaki dilebarkan.
Di sisi lain kedua tangan menahan dan mendorong bola secara berulang ulang. Gerakan ini dapat menbuat tubuh, pinggang, dan kaki menjadi kuat serta lentur yang efeknya pertahanan kedua tangn semakin kuat.

2. Posisi duduk dengan tubuh lurus kedepan.
Pada saat bersamaan dua kaki menekuk kedepan dan kekiri sambil menahan bola. Gerakan ini berguna bagi kiper saat berupaya menahan dan mendorong bola ke kiri dan ke kanan. Efek positif lainnya otot pinggang menjadi lentur.

3. Posisi tubuh membungkuk.
Secara bersamaan kaki dilebarkan, secara beriringan dua tangan menahan dan mendorong bola secara countinu. Gerakan ini bereaksi pada kelenturan semua tubuh terutama saat bergerak ke kiri dan ke kanan.

4. Posisi tubuh tegak lurus, pandangan lurus kedepan.
Selanjutnya lebarkan kedua kaki membuka diikuti aksi kedua tangan menahan bola dan melempar bola secara berulang ulang-ulang. Gerakan ini amat berguna bagi penjaga gawang utuk melatih aksi lempar dan menahan bola dari sisi kanan atau kiri. Efek positif lain gerakan ini dapat memperkuat pertahan bola-bola datar.

5. Posisikan tubuh tegak
lurus dengan kedua kaki berdiri melebar.
Di sisi lain, kedua tangan menangkap dan melempar bola keatas secara kountinyu. Gerakan ini efektif melatih reaksi saat saat bola dating dari atas.

(klub futsal)

Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...